Berlangsung di Bekasi, Program OPOP 2022 Diikuti Ribuan Pesantren

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto saat menghadiri kegiatan OPOP Jabar 2022 di Ponpes An Nur Bekasi Utara.

BEKASI UTARA – Sejak pertama diluncurkan pemerintah, kini sebanyak 2.800 pesantren di Jawa Barat telah mengikuti Program One Pesantren One Product (OPOP).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami mengatakan, Program OPOP bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan pondok pesantren agar mampu mandiri secara ekonomi dan sosial.

“Para peserta yang ikut dalam program ini, telah melalui seleksi yang nantinya akan diberikan program pembinaan terpadu dan juga ditingkatkan kemampuan daya saing ekonominya serta didampingi dalam proses pengembangan usahanya,” kata Ridwan Kamil pada kegiatan OPOP 2022 di Pondok Pesantren An Nur Bekasi Utara, Senin (28/11/2022).

Ridwan Kamil juga menyatakan melalui program OPOP Jawa Barat dapat menjadikan para santri bisa jauh lebih berdaya, lebih mandiri serta mampu menjadi wirausaha muda melalui produk yang dihasilkannya.

“Jadi di balik dinamika program keberpihakan pada pesantren di Jawa Barat sangat nyata, melainkan per hari ini ada tiga ribu bisnis sehingga Pesantren Jawa Barat mandiri secara ekonomi, berinovasi, juga sangat melek digital. Mudah-mudahan ini bisa diapresiasi,” ucapnya.

Terpisah saat ditemui, Pengurus Pondok Pesantren An Nur yang juga anggota DPRD Kota Bekasi, Ahmad Ustuchry mengatakan, program OPOP di-launcing pada 2019, dan Ponpes An Nur sebagai salah satu penerima program di awal sebelum ada Perda Pesantren di Jawa Barat.

“Tadi kan ada peternakan susu, peternakan lele dan sebagainya, mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi buat santri-santri dan pesantren di Kota Bekasi, kita bisa mengembangkan industri yang cocok dengan perkotaan,” kata dia.

“Alhamdulillah, OPOP di Bekasi sudah puluhan (Pesantren) yang diterima, tinggal nanti perkembangannya seperti apa akan kita lihat, mudah-mudahan ini jadi kebangkitan ekonomi santri,” pungkasnya. (RAN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*