Cegah Banjir, Katar Babelan Bareng PT.BBWM Bersih-bersih Kali Irigasi DT-8 Buni Bakti

Bersih-bersih Kali Irigasi DT-8 Buni Bakti dilakukan secara gotong royong.

BABELAN – Karang Taruna (Katar) Kecamatan Babelan bareng PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) serta elemen masyarakat lainnya di wilayah setempat melakukan bersih-bersih Kali Irigasi DT 8 Desa Buni Bakti sepanjang 1 Km.

Ketua Katar Kecamatan Babelan, Samlawi menjelaskan tujuan bersih-bersih kali adalah untuk memperlancar aliran air yang selama ini tersumbat lantaran banyaknya tumbuhan yang merambat dan mengakar di bawah aliran kali irigasi.

“Jika hujan datang aliran kali irigasi ini meluap dan sebabkan banjir karena banyak sampah, tumbuhan semacam eceng gondok dan rumputan yang sudah mengakar ke dasar kali,” ungkap Samlawi, Kamis (24/11/2022).

Menurut dia bersih lingkungan di kali irigasi ini berawal dari keprihatinan dirinya setiap turun hujan kerap terjadi banjir, khususnya wilayah Kampung Tambun.

Inisiatif pun dilakukan pihaknya dengan melakukan audiensi ke PT BBWM, dan langsung direspon positif yang pada akhirnya terwujud program bersih-bersih kali ini.

“Selama setahun ini Kampung Tambun kerap menjadi langganan banjir bila musim hujan, tentu ini menjadi keprihatinan kami sebagai karang taruna sehingga mendatangi dan diskusi langsung dengan pihak PT BBWM, Alhamdulillah mendapat respon baik,” ujar Samlawi.

Rumput liar, enceng gondok, sampah rumah tangga, dan lumpur menjadi penyebab aliran air Kali Irigas DT-8 tersumbat.

Kali Irigasi DT-8 menjadi target kegiatan bersih-bersih lantaran merupakan titik pusat banjir, dan air tidak bisa mengalir akibat banyak tumbuh rumput, eceng gondok serta sedimen lumpur yang tebal. Ditambah lagi sambung Samlawi, sampah rumah tangga yang menumpuk jadi satu di bawah jembatan kecil.

“Kalau rumput, eceng gondok dan lumpur kita angkutin maka air akan berjalan lancar dan kali irigasi akan bersih. Karena selama ini hal itulah yang menjadi penyebab banjir di Kampung Tambun,” tandas Samlawi.

Pembersihan Kali Irigasi DT-8 yang sudah berlangsung sejak Rabu (23/11/2022) kemarin, papar Samlawi, setidaknya sudah 30 unit armada sampah dan baktor dari UPTD Kebersihan wilayah 1 dikerahkan untuk mengangkut ratusan kubik sampah dari dasar kali.

“Sampah berupa rumput, eceng gondok serta sampah rumah tangga dikeruk pakai beko agar prosesnya cepat selesai, dan itu pun pinjam dari developer,” tutur Samlawi.

Samlawi berjanji akan melakukan evaluasi bersih-bersih kali ini, dan kemudian dibuatkan rekomendasi tertulis yang ditujukan ke kepala desa, camat, serta pelaku usaha yang ada di wilayah Babelan agar lebih menaruh perhatian lagi kepada kali-kali yang melintasi wilayah setempat.

Dirut PT. BBWM,Prananto Sukodjatmoko mengapresiasi kepedulian Katar Babelan dan elemen lainnya terhadap lingkungan.Karenanya pihaknya langsung menyambut baik inisiasi itu dengan cara mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Kami (PT BBWM) respek sekali dengan inisiatif Katar Babelan, makanya kami langsung men-support-nya,” ucap Prananto.

Menurut Prananto kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti pembersihan aliran sungai dari sampah dan tanaman liar yang menghambat aliaran air sungai merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan yang rutin dilakukan oleh BBWM.

“Kali ini BBWM menggandeng Karang Taruna Kecamatan Babelan melakukan kegiatan pembersihan sungai di Desa Buni Bakti agar aliran air menjadi lancar apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan,” demikian ujar Prananto.

Utuk diketahui, kegiatan bersih-bersih Kali Irigasi DT-8 Buni Bakti dilakukan secara gotong royong di antaranya, PT BBWM, Katar Babelan, UPTD Kebersihan Wilayah 1, FPRB, RT/RW, dan masyarakat.(RED)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*